Friday, November 29, 2013

Tips Pencarian File/s di Linux

Ini dari pengalaman pribadi yang sering bingung mencari dimana letak file yang mau dikonfigurasi saat main-main linux. Mungkin hal ini terjadi juga pada teman-teman :) . Ada dua perintah di linux untuk mencari file yaitu "find" dan "locate". Kedua perintah itu bekerja dengan cara berbeda. "locate" melakukan pencarian file berdasarkan nama yang ada pada database yang dimilikinya jadi sebelum melakukan pencarian ada baiknya database nya di update dulu. Sedangkan "find" melakukan pencarian pada hirarki direktori.

Contoh penggunaan locate

perintah diatas yaitu mencari file yang berawalan dengan "zip" yang berada dalam folder bin

sebelum melakukan pencarian dengan locate, akan lebih baik jika database di update dulu dengan perintah berikut


Untuk penggunaan perintah find

perintah tersebut akan mencari file yang diawali "sources" dalam folder /etc/apt/ . terdapat banyak fitur yang bisa digunakan dalam perintah find, namun tidak akan dibahas kali ini.

Jadi mau menggunakan "locate" atau "find"? ya tergantung kondisi dan kebutuhan nya heheh. sekian tips saya kali ini semoga membantu. :)
Thursday, November 28, 2013

Simulasi ACL di Packet Tracer

Access control list (ACL) adalah aturan yang digunakan untuk membatasi akses dari sebuah komputer atau jaringan terhadap komputer atau jaringan yang lain. langsung saja kita coba bikin, berikut topologi yang akan di buat.


1. pertama susun perangkat sesuai gambar diatas, jangan lupa tambahkan modul serial pada tiap router.

2. sambungkan kabel, kabel hitam putus-putus adalah kabel cros, kabel hitam = kabel straight dan kabel merah adalah kabel serial.

3.konfigurasi pc
pc0
ip : 192.168.12.4
nm : 255.255.255.0
gw : 192.168.12.123

pc3
ip : 192.168.12.3
nm : 255.255.255.0
gw : 192.168.12.123

pc2
ip : 192.168.12.2
nm : 255.255.255.0
gw : 192.168.12.123

4. konfigurasi server
ip : 192.168.2.2
nm : 255.255.255.0
gw : 192.168.2.1

5. konfigurasi pada router0


6. konfigurasi pada router1


Jika konfigurasi benar maka pc3 tidak akan bisa berhubungan dengan server0 sedangkan pc yang lain dapat berhubungan.
Friday, November 22, 2013

Persiapan Pekan Riset Believe

Ini persiapan believe jadi ikut terganggu dengan adanya pengabdian masyarakat. Tapi tetap semangat buat veby dan isna demi mewakili lab cnc. Semoga partisipasinya di acara believe bisa maksimal dan mengharumkan nama lab CnC.

#Sebuah cerita di gubuk O.202

pc terlarang

buat honeypot

dmz nya

rangkaian

isna

sok sibuk

veby

duet sadis

Gladi Bersih Pengmas "over time"

Tak terasa tinggal 6 jam lagi menuju pembukaan pengmas hari ini Jumat tanggal 22 november 2013. Persiapan sanggat maksimal bahkan sampai pagi ini jam 2 belum selesai. Semoga saja besok bisa berjalan lancar, amien. Tetap semangat dan tetap jaga kesehatan.
Foto dapat bercerita lebih banyak.

#Sebuah cerita di gubuk O.202

tempat pengmas 

upgrading

upgrading

upgrading mikrotik

masih upgrading
acho makan

konsumsi

makan makan

full makan

tempat istirahat

amunisiku

aku lah

nursanto

Tuesday, November 19, 2013

Bingung Proxy di Pulledpork

Sudah 28 tab terbuka di google chorome tapi error masih muncul, :( . Dengan didamping sebotol kopi nescafe yang dibuat tadi sore (sudah gak anget lagi) dan playlist lagu ada band, sambil istirahat sejenak untuk curhat di blog kessayangan ini semoga aja masalahnya bisa cepat selesai. Sebetulnya masalahnya cuma pada proxy, andai saja internet di kampus gak pakai proxy pasti udah selesai dari kemarin ini, selain itu mahasiswa pasti lebih "bahagia". Tapi biar ada tantangannya, selain itu nambah ilmu juga biarlah. OKe cukup istirahatnya lanjut ngerjain lagi. Semoga bisa cepet solved. Amien.

#Sebuah cerita di gubuk O.202
Monday, November 18, 2013

Error Snort [1] : libsfbpf.so.0 : cannot open shared object file

Saat saya mengeksekusi snort dengan perintah dibawah ini:

kemudian muncul pesan error:

Hal sama juga terjadi saat menjalankan perintah:

solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menjalankan perintah ini:

setelah itu jalankan lagi perintah snort. Semoga berhasil


sumber: cyruslab.net
Sunday, November 17, 2013

Pemimpin Baru Laboratorium CnC

ki-ka (Ryan Danny Kresnawan , Radiv Herdian )
Tak terasa udah tiga periode kepemimpin aku di lab CnC ini. Mulai dari yang pertama aku masuk dipimpin oleh Mas Amul sebagai kordas dan Mas Andika sebagai korset kemudian menyusul Mas Ekim sebagai kordas dan Mas Andra sebagai korset di periode berikutnya. Dan yang terbaru kali ini selamat kepada Radiv sebagai kordas dan Ryan sebagai korset. Semoga dapat mengemban amanah yang didapat, serta dapat menjaga silaturahmi antar keluarga Lab CnC di tiap angkatan dan dapat menjadikan Lab CnC menjadi lebih baik. Amien. Tapi mungkinkah saya akan merasakan kordas baru lagi tahun depan?? ah semoga saja saya bisa segera lulus. udah cukup lama saya di lab ini, biar gantian sama yang lain, heheheh.
Saturday, November 16, 2013

tes under construction

tes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under constructiontes under construction
Tuesday, November 12, 2013

Pola Hidup

Sepertinya ada yang salah dengan apa yang sedang saya alami akhir-akhir ini. Kayaknya akhir-akhir ini aku kurang bisa konsentrasi. Rasa nyeri sering terjadi di kepala bagian belakang dan disekitar leher belakang. Mungkin pola makan yang salah, atau gaya hidup atau kurang olah raga.? Jalan aja rasanya males, bahkan kalau ada bantal rasanya ingin langsung tidur. Obat salep yang dibeli pun cuma bisa mengurangi rasa nyeri sesaat. Mungkin dengan balik ke kampung bisa menghilangkan rasa kurang nikmat ini, ah namun dengan apa yang baru kuperoleh sekarang nampaknya belum bisa balik kerumah. Yah semoga aja ceput sembuh. Amien ya allah.