Tuesday, December 1, 2015

Wisuda..!!! ( Nur San.To. )

Wisuda....!!! Setelah berjuang menelesaikan kuliah selama kurang lebih 5 tahun. akhirnya wisuda juga. Sebetulnya euforianya sudah tidak terlalu wah gitu. Soalnya aku lulus bulan april, dan baru wisuda bulan november. Saat wisuda, aku sudah lupa gimana rasanya pas kuliah,,hhahaha. jadi ya gitu aja. Tapi biar kayak yang lain. Wisuda tetap harus dirayakan. Ini dia moment-moment langkanya..









SEMUA INI AKU PERSEMBAHKAN UNTUK KEDUA ORANG TUAKU, DAN SEMOGA MENJADI CONTOH YANG BAIK BUAT ADIKKU.
TERIMAKASIH BUAT SEMUANYA

Monday, September 28, 2015

Prototype Regulator Oksigen Otomatis Berdasarkan Tingkat Pernapasan


Hallo semua, kembali lagi di blog saya mierebustelur.blogspot.com kali ini saya akan membagikan hasil Tugas Akhir saya, sebuah master piece yang dikerjakan selama satu tahun lebih yang saya namakan " Prototype Regulator Oksigen Otomatis Berdasarkan Tingkat Pernapasan" berikut untuk videonya:


Sebagai penjelasan singkat, alat tersebut merupakan sebuah pengembangan dari perangkat regulator oksigen yang sudah dipasaran. Regulator oksigen dimodifikasi agar dapat bekerja secara otomatis berdasarkan tingkat pernapasan pengguna. Sebagai mikrokontroler dalam perancangan alat ini digunakan arduino uno, digunakan juga sebuah shield tambahan yaitu E-health sensor shield , dan sebuah airflow sensor yaitu sebuah sensor yang sensitif terhadap perubahan suhu, sensor tersebut digunakan untuk menghitung jumlah pernapasan.

Nampak sesuai gambar di atas, terdapat sebuah kotak hijau menempel pada perangkat. Kotak tersebut digunakan untuk menaruh komponen mikrokontroler, sebuah trafo yang digunakan untuk catu daya, tempat lcd untuk menunjukkan jumlah pernapasan dan beberapa komponen lainnya. Berikut beberapa penampakan alatnya:
Terlihat pada lcd, terdapat keterangan "ON" yang menunjukkan alat dalam posisi menyala. "Otomatis" menunjukkan regulator oksigen bekerja otomatis berdasarkan tingkat pernapasan pengguna, dan nampak pula tingkat pernapasan pengguna. Pada bagian atas kotak terdapat satu buah switch untuk mengatur keluaran oksigen saat alat bekerja dalam mode manual. Dua buah switch yang digunakan sebagai switch on/off dan switch sebagai mode manual/otomatis.

Sebagai kontrolernya digunakan sebuah motor servo yang dipasang terhubung dengan kontroler pada regulator oksigen menggunakan dua buah gear. Untuk modifikasi tersebut digunakan bahan akrilik,, dan sebagai informasi untuk pemasangan servo ke regulatornya agak susah. maklum saya masih cupu..heheh

Untuk cara kerjanya dapat dilihat pada video diatas. Untuk yang minat dengan perangkat ini dibagian bawah saya lampirkan file buku tugas akhir saya tentang perangkat ini. Monggo yang mau mengembangkan download aja filenya, Sebagai masukan mungkin alat ini bisa ditambahkan monitoring melalui android atau kontrol melalui android. Dapat menggunakan module zigbee sebagai komunikasi antar perangkatnya.. Oke, sekali lagi bagi yang mau mengembangkan atau mau dijadiin sebagai judul penelitian,, semoga sukses dan berkah. amin..

Sebagai ucapan syukur. alhamdulillah perangkat tersebut telah membawa saya lolos PKM-KC dan membuat saya meraih gelar S-1 Teknik Elektro.. Alhamdulilah

berikut file buku Tugas Akhir saya dan source code program:
Source code
Buku TA



*klo ada mau tanya-tanya dapat di komentar atau email di nursanto25@GMAIL.COM
*Alat ini masih berupa prototype dan masih perlu pengujian lebih lanjut.

Terima kasih.. semoga bermanfaat